Rabu, 05 Desember 2012

Apa itu Tag HTML

Sebelumnya kita telah belajar Membuat File HTML. Selanjutnya adalah sedikit penjelasan dari contoh yang kita buat itu. Ini adalah contoh dokumen sederhana yang telah kita buat pada bahasan sebelumnya.




<html>
<head>
<title>Halaman Pertamaku </title>
</head>
<body>Selamat Datang di Halaman Pertamaku </body>
</html>
Dari dokumen HTML yang telah kita buat,ada kode-kode yang diapit oleh tanda lebih kecil dan lebih besar "<" dan ">", itulah yang dinamakan dengan tag HTML. Tag HTML pada umumnya berpasangan, ada tag pembuka dan diakhiri dengan tag penutup. Tag-tag HTML dan juga nanti ada atribut HTML tidak akan tampil di layar saat kita membuka file HTML, tapi tag-tag dan atribut-atribut HTML itu merupakan kode-kode dibelakang layar yang akan mempengaruhi tampilan dokumen HTML yang kita buat, saat kita membukanya.

Penjelasan singkat dari kode yang telah kita tulis diatas, sebagai berikut :
  • Setiap tag diapit oleh tanda lebih kecil dan lebih besar. Kamu bisa melihat bahwa tag pertama adalah <html>. Tag HTML pada umumnya selalu memiliki pasangan yang memiliki tag sama dengan sedikit tambahan tanda garis miring "/", dan kamu bisa melihat pasangan tag <html> di akhir script yaitu </html>.
  • Tag <html> memberitahu browser bahwa inilah awal dari dokumen HTML. Tag pasangannya yaitu </html> yang terletak paling akhir menyatakan bahwa inilah akhir dari dokumen HTML.
  • Teks di antara <head> dan </head> adalah teks informasi header. Informasi header ini tidak ditampilkan pada jendela browser.
  • Teks di antara <title> dan </title> adalah judul dokumen kamu. Judul ini akan ditampilkan di caption browser (lihat di bagian paling atas kanan dari browser kamu).
  • Teks di antara tag <body> dan </body> adalah teks yang akan ditampilkan pada jendela browser kamu.
Demikian pembahasan kita kali ini, Diambil dari : Bening Hati
4 Langkah Mudah Membuat Website bagi Pemula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)