Sabtu, 29 Desember 2012

Validasi Mencegah Data yang Sama pada Microsoft Excel

Pada saat tertentu mungkin sahabat sekalian akan membuat suatu kolom pada Microsoft Excel yang berisi data yang unique atau tidak sama antara data yang satu dengan yang lain, misalnya saja No Identitas. Pada postingan kali ini akan dibahas bagaimana mencegah data yang sama. Langsung saja kita lihat pada gambar di bawah ini.


Klik Gambar jika kurang jelas
  1. Sorot(blok)range cell yang akan kita validasi pada gambar di atas cell B4 sampai B12
  2. Klik tab Data,lanjutkan klik Data Validation
  3. Setelah keluar jendela Data Validation, pada Tab Setting di kolom Arrow pilih Custom. Terus pada kolom Formula tuliskan rumus berikut =COUNTIF($B$4:$B$12,B4)=1
  4. Sebagai pengaturan tambahan, kita bisa mengatur peringatan yang akan muncul jika kita nanti memasukkan data yang sama. Klik Tab Error Alert, dari situ kita bisa mengedit teks yang akan kita munculkan jika kita memasukkan data yang sama. Kalaupun kita tidak mengatur pada bagian ini dan langsung klik OK maka validasinya sudah jadi.
  5. Klik OK. Selesai
Keterangan Formula :

Formula menggunakan Fungsi COUNTIF. Pada bagian yang berwarna biru menunjukkan range cell yang akan di validasi. Adanya tanda dollar ($) pada bagian itu menunjukkan bahwa range cell bersifat absolut artinya range cell itu akan terkunci(tidak akan berubah)meskipun kita copy ke cell di bawahnya atau ke cell yang lain. Sedangkan cell B4 pada rumus di atas tanpa tanda $,berarti bersifat relative artinya jika kita copy ke bawah atau ke cell yang lain dia akan berubah menyesuaikan dengan cell tujuan.

Hasilnya bisa kita lihat pada gambar di bawah ini. Saya mencoba memasukkan data yang sama pada nama Charly. Maka akan muncul peringatan(Error Alert)bahwa data yang Anda masukkan tidak valid.

Klik gambar jika kurang jelas

1 komentar:

  1. kalo untuk mencegah data ganda/kembar antar column gimana.swun

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)