Kamis, 12 September 2013

Freeze Panes Microsoft Excel 2007

Pada kesempatan kali ini,akan dibahas tentang fungsi dari Freeze Panes pada Microsoft 2007. Jika kita bekerja dalam suatu worksheet dengan ukuran yang besar atau data yang banyak maka ketika scroll kebawah,kita menginginkan agar baris paling atas atau bagian kepala tabel tetap terlihat. Atau jika datanya memanjang ke samping, kita menginginkan ada kolom yang terus terlihat. Dengan fungsi Freeze Panes kita bisa mengunci suatu baris dan atau kolom agar suatu baris dan atau kolom itu slalu terlihat meskipun di scroll ke bawah ataupun di scroll kesamping.

Fungsi ini dapat kita lihat pada menu View pada Sub Menu Window. Disitu ada fungsi Freeze Panes. Kita lihat pada gambar di bawah ini.

Jika kita klik, maka kita akan mendapati tiga pilihan dan kita tinggal klik salah satu.

Freeze Panes untuk mengunci baris dan kolom secara bersamaan
Freeze Top Row untuk mengunci baris yang paling atas
Freze First Column untuk mengunci kolom yang pertama(paling kiri)
Kita lihat contoh sederhana pada gambar di bawah ini.
Jika kita menginginkan agar baris yang paling atas terkunci seperti terlihat pada gambar di bawah ini, bisa melakuakan dengan klik View > Freeze Panes > Freeze Top Row. Kita lihat hasilnya antara baris paling atas dengan baris kedua ada batas yang menjadikan baris pertama tidak akan bergeser jika kita scroll ke bawah. Hal ini juga bisa kita lakukan dengan cara klik pada cell A2, klik View > Freeze Panes > Freeze Panes. Cara kedua ini bisa kita manfaatkan juga jika yang akan kita kunci hanya barisnya saja, tapi bukan baris yang paling atas. Misalnya kepala tabel berada di baris ketiga. Maka klik baris ke empat pada kolom yang paling kiri(kolom A) berarti cell A4 kemudian klik View > Freeze Panes > Freeze Panes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)