Kamis, 16 Januari 2014

Protect Sheet pada Microsoft Excel 2007

Saat kita membuat file Microsoft Excel, tentunya ada data-data yang penting. Jangan sampai ada sembarang orang yang mengedit data yang telah kita buat.
Pada Microsoft Excel ada cara untuk memprotect Worksheet tertentu. Pada menu Review pada Sub Menu Changes ada perintah Protect Sheet. Perintah ini bisa kita manfaatkan untuk memprotect Sheet tertentu. Jika pada perintah ini yang terlihat Unprotect Sheet, berarti sheet tersebut dalam keadaan terprotect, maka kita musti tahu password untuk mengakses sheet itu. Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama belajar tentang Protect Sheet. Berikut ini penjelasan tentang Protect Sheet :

Klik Protect Sheet. Maka akan muncul gambar 1.1

Gambar 1.1
Tuliskan Password to unprotect sheet. Password ini yang nantinya kita gunakan, jika kita ingin mengedit kembali sheet tersebut. Jadi, nantinya kita musti ingat password yang kita tuliskan. Jika kita lupa passwordnya, nantinya kita tidak bisa mengakses Sheet yang telah kita protect tadi. Sebelum memasukkan password, kita bisa perhatikan pada bagian Allow all users to this work sheet to. Pada bagian ini,pada settingan awal,ada cek list pada Select locked cell dan Select unlocked cell artinya pengguna bisa klik pada cell cell yang ada pada sheet tersebut. Tapi cuma sebatas klik saja. Jika kita berkeinginan memperbolehkan pengguna melakukan yang lain,silahkan cek list pada pilihan yang lain. Misalnya : format cell, format column dll. Jika kita ingin agar sheet hanya bisa terbuka dan tidak bisa diklik tidak bisa diformat dan tidak bisa yang lainnya, maka jangan diceklist(kosongkan) semua pilihan. Setelah kita ketikkan password kemudian klik OK akan muncul Gambar 1.2
Gambar 2.1
Dari gambar disamping, kita diminta untuk Confirm Password. Menuliskan kembali passwordnya.Tuliskan kembali Password yang telah kita masukkan tadi lalu klik OK. Maka Sheet telah terprotect. Maka bisa kita lihat pada Sub Menu Changes perintah yang muncul berubah menjadi Unprotect Sheet yang tadinya Protect Sheet. Artinya sheet telah terprotect dan jika ingin mengakses sheet itu kita musti klik perintah Unprotect dan masukkan passwordnya.
MICROSOFT Windows 7 Ultimate [Retail] HP Pavilion TouchSmart 11-e012AU - Silver BENQ Monitor LCD [VL2040AZ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)