Minggu, 09 Desember 2012

Definisi Akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi

Software Akuntansi Definisi Akuntansi

Akuntansi sering dijuluki sebagai “bahasa bisnis”(language of business). Perubahan yang cepat dalam masyarakat kita menyebabkan semakin kompleksnya “bahasa” tersebut, yang digunakan untuk mencatat, mengikhtisarkan dan melaporkan data dasar ekonomi untuk kepentingan perorangan, pengusaha, pemerintah dan anggota masyarakat lainnya.

Definisi akuntansi menurut American Accounting Association,
...proses mengenali, mengukur mengkomunikasin informasi ekonomi untuk memperoleh pertimbangan dan keputusan yang tepat oleh pemakai informasi yang tepat oleh pemakai informasi yang bersangkutan.

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.(di ambil dari Wikipedia)

Akuntansi bertujuan untuk mempersiapkan Laporan Keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh manajemen perusahaan, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik

Karakteristik Informasi Akuntansi

Informasi akuntansi pada dasarnya terdiri dari data keuangan mengenai transaksi usaha, yang dinyatakan dalam ukuran uang. Catatan transaksi saja belum begitu berperan untuk melakukan pertimbangan dan pengambilan keputusan yan tepat. Data-data keuangan tersebut masih harus di sortir dan di ikhtisarkan terlebih dahulu untuk dapat menyiapkan laporan dan anilisis yang tepat.

Berbagai laporan yang disampaikan kepada manajemen perusahaan mungkin akan di buat secara rutin dan lebih sering. Sedangkan laporan-laporan lain hanya dibuat dalan selang waktu yang lebih lama. Materi dasar yang masih mentah dari akuntansi terdiri dari transaksi. Sedangkan produk akhirnya adalah ikhtisar, analisis dan laporan keuangan.

Pemakai Informasi Akuntansi

  • Investor (Penanam Modal). Investor pada suatu perusahaan memerlukan informasi mengenai status keuangan dan prospek perusahaan kedepannya.
  • Kreditur(Bank), pemberi kredit perlu menilai sehat tidaknya keuangan suatu perusahaan dan menaksir besarnya resiko sebelum mereka memberikan pinjaman.
  • Lembaga Pemerintah. Pemerintah berkepentinagn dengan keuangan suatu badan usaha untuk tujuan perpajakan dan pengendalian lainnya.
  • Karyawan dan Sarekat Buruh juga perlu mengetahui stabilitas dan profitabilitas perusahaan dimana mereka bekerja.
  • Manajemen Perusahaan. Mereka yang diserahi tanggung jawab untuk mengelola perusahaan adalah yang sangat memerlukan dan terlibat langsung dengan hasil akhir akuntansi. Managemen memerlukan informasi akuntansi untuk membatu mengevaluasi operasi yang sedang berjalan dan merencanakan operasi mendatang

Daftar Pustaka :
Prinsip Prinsip Akuntansi / Accounting Principles (Niswonger-Fess-Warren)
Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)