Minggu, 06 Januari 2013

Berbagai Macam Format Tanggal Microsoft Excel 2007

Dalam Microsoft Excel ada banyak fungsi yang bisa kita manfaatkan untuk menampilkan tanggal. Beberapa fungsi akan kita pada bahas pada postingan kali ini.

  1. Fungsi DATE. Dengan rumus =DATE(year,month,day). Year mendefinisikan tahun, month mendefinisikan bulan dan day mendefinisikan tanggal.

    Jika sebelumnya suatu cell berformat General terus kita memasukkan rumus DATE maka secara otomatis hasilnya akan tampil format tanggal sesuai yang kita masukkan dalam rumus.

    Jika dalam suatu cell yang berformat Number(Angka) dan kita masukkan rumus DATE, maka yang akan muncul adalah sebuah angka yang menunjukkan urutan dari tanggal yang kita masukkan. Yang urutan itu dalam Microsoft Excel dimulai dari angka 1 yaitu 1 Januari 1900. Maka jika kita memasukan 1 Januari 1900 akan tampil angka 1. Misalnya lagi jika kita menuliskan =DATE(2013,1,1) atau 1 Januari 2013 maka akan tampil 41725 yang berarti pada tanggal itu merupakan hari ke 41.275 jika dihitung dari 1 Januari 1900

    Untuk memformat tanggal agar sesuai kebutuhan,klik cell yang telah kita isi dengan rumus tanggal, tekan Ctrl+1(Ctrl dan angka 1 bersamaan). Atau klik kanan pada cell trus pilih Format Cell,Maka akan muncul Dialog Box Format Cell. Pilih Tab Number, pada kategori pilih Date terus pilih format sesuai yang diinginkan.

    Pada prakteknya, fungsi DATE memiliki berbagai fungsi yang akan kita bahas pada postingan-postingan selanjutnya.

  2. Fungsi TODAY. TODAY berfungsi untuk menampilkan tanggal dan waktu pada saat itu sesuai tanggal dan jam yang ada di pengaturan komputer. Rumusnya adalah =TODAY(). Maka akan tampil tanggal dan jam pada waktu itu. Kemudian kita bisa memformat tampilan tanggalnya sebgaimana cara memformat yang telah disebutkan di atas. Sebagai catatan jika kita menggunakan rumus ini, maka tanggal akan terus berubah mengikuti tanggal pada waktu itu. Jadi jika kita menuliskan pada hari ini tanggal 1 Januari maka besok akan otomatis berubah menjadi 2 Januari.
  3. Jika pada fungsi TODAY tanggal akan menyesuaikan tanggal berikutnya.Maka untuk menampilkan tanggal pada saat itu dan bersifat statis(tidak akan berubah) meskipun berganti hari. Maka cukup tekan Ctrl+; (tekan Ctrl dan titik koma(;) secara bersamaan.
  4. Fungsi NOW. NOW berfungsi untuk menampilkan jam pada saat itu. Seperti halnya fungsi TODAY, dengan fungsi NOW jam akan berjalan mengikuti jam yang ada di komputer, meskipun perubahan tidak terlihat disetiap detiknya. Perubahannya terlihat setiap kali kita melakukan edit pada halaman itu.Rumusnya keikkan =NOW().
  5. Sedangkan untuk menampilkan jam pada saat itu dan bersifat statis(tidak berubah) tekan Ctrl+Shift+; (Tekan Ctrl, Shift dan titik koma(;) secara bersamaan)
Untuk pembahasan lain tentang tanggal pada Microsoft Excel silahkan di lihat pada halaman Menampilkan Hari dan Tanggal pada Microsoft Excel
Bisnis Penjualan Batik Desain.Web
Berkeinginan bisnis penjualan batik?? Tapi terkendala modal. Ini solusinya. Dengan modal yang kecil Anda sudah bisa berjualan batik. Berbagai macam pakaian batik tersedia di sini. Layanan kami meliputi domain name, web hosting, web design, web development, web maintenance, hingga online promotion.
SahabatPemula.Com

2 komentar:

  1. Bagaimana penulisan tanggal lahir 250306, menjadi 25/03/2006. saya coba merubah format, malah tahun menjadi 2639. Mohon solusinya

    BalasHapus
  2. Bookmarked, terimakasih panduan berbagai macam format tanggal di microsoft excel 2017 nya sangat bermanfaat. keep sharing pak

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)