Rabu, 06 Februari 2013

Pengaruh Bahasa Regional pada Penulisan Formula Microsot Excel

Mungkin saja ada teman-teman yang menerapkan rumus (formula) yang saya tulis di blog ini tetapi tidak bisa diterapkan. Bukan berarti formula-formula yang ditulis di sini salah. Tetapi pada Windows memungkinkan ada pengaturan Regional and Language Options. Dan pengaturan itu berpengaruh pada format angka,tanggal, hari, jam dan mata uang. Termasuk juga pengaturan bahasa regional itu berpengaruh pada penulisan formula pada Microsoft Excel.

Untuk merubah bahasa Regional ini,
Start>>Setting>>Control Panel>>Date,Time,Language and Regional Options>>Regional and Language Options
Maka akan muncul,

Dari gambar diatas, dari Tab Regional Options, kita bisa memilih Indonesia atau English ataupun yang lain. Bisa kita lihat pada gambar diatas jika Regional Options adalah Indonesia maka di komputer kita nantinya format tanggal dan lainnya seperti terlihat seperti pada bagian Samples. Begitupun jika kita Reginal Options kita pilih English, maka format tanggal dan lainnya akan menyesuaikan format penulisan English.

Selanjutnya kita langsung ke inti pembahasan kita kali ini, yaitu pengaruh pengaturan regional terhadap penulisan formula pada Microsoft Excel. Perbedaannya hanya terletak pada tanda pemisah antar argument(pernyataan). Jika pengaturannya adalah English, maka pemisahnya adalah koma(,) dan jika pengaturannya adalah Indonesia maka tanda pemisahnya adalah titik koma(;). Dalam penulisan formula, kedua tanda ini juga berguna untuk menggabungkan range cell(Union Operator). Maka, dalam penggunaannya Union Operator ini juga menyesuaikan Bahasa Regional pada Windows Anda. Untuk pembahasan tentang Union Operator silahkan dibaca pada Mengenal Operator pada Microsoft Excel 2007

Contoh penerapannya dalam rumus adalah
Regional Options English(US)

Regional Options Indonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)