Rabu, 31 Juli 2013

Menghitung Biaya Asuransi Pengiriman melalui JNE

Jika sahabat-sahabat melakukan pengiriman lewat JNE, ada paket maupun dokumen yang dianjurkan untuk diasuransikan. Itulah yang di JNE disebut Hight Value Shipment(HVS) atau kiriman berupa barang berharga. Untuk biaya asuransi dibebankan kepada pengirim.

Kiriman yang termasuk HVS adalah kiriman yang bernilai(berharga)lebih dari 10x ongkos kirimnya. Kenapa untuk kiriman yang bernilai lebih dari 10x ongkos kirim dianjurkan untuk diasuransikan? Karena dalam Syarat Standar Pengiriman JNE disebutkan bahwa jika kiriman terjadi kerusakan atau kehilangan, JNE hanya akan memberikan penggantian dengan nilai maksimal 10x ongkos kirim.

Maka supaya bisa mendapat penggantian penuh jika terjadi kerusakan atau kehilangan, untuk kiriman yang bernilai 10x ongkos kirim dianjurkan menggunakan asuransi. Asuransi yang harus dibayarkan dihitung berdasarkan nilai barang tersebut yaitu :
0,2% x Nilai Barang + Biaya Administrasi(Rp 5.000,-)
Sebagai contoh, jika kita melakukan pengiriman berupa smart phone android berharga Rp 2.000.000,- maka biaya asuransinya adalah 0,2% x Rp 2.000.000, + Rp 5.000 = Rp 9.000,-. Sembilan ribu ini adalah biaya tambahan untuk asuransinya yang dibebankan kepada pelanggan jika kirim barang berharga Rp 2.000.000,-. Sedangkan untuk biaya pengirimannya tetap sesuai tarrif yang berlaku di JNE.

Demikian artikel tentang perhitungan biaya asuransi untuk pengiriman melalui JNE pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih telah singgah di blog saya ini.

39 komentar:

  1. kenyataan memang JNE pembohong

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembohong gimana bro, emang pernah ngalami dibohongi JNE? kali aja mau pake jasa JNE...

      Hapus
  2. ane pernah diminta buat bayar asuransi laptop sebesar 1.775.000 buat laptop benar tuh gak gan? apalagi ane posisinya sebagai penerima

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tidak betul. Untuk asuransi satu buah laptop tidak sampai segitu.

      Hapus
  3. Thanks infonya gan. Besok ane coba buktiin..

    BalasHapus
  4. Kalau asuransi buat 2 hp bisa mencapai 2,1jt ngga

    BalasHapus
  5. Kalau asuransi buat 2 hp bisa mencapai 2,1jt ngga

    BalasHapus
  6. Kalau asuransi 2 hp bisa mencapai 2,1jt ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak sampai temen saya pernah ngirim hp seharga 9 juta tarif asuransi hanya 25 ribu

      Hapus
  7. Info yang sangat membantu, semoga pemilik semakin sukses, terima kasih

    BalasHapus
  8. Maaf gan saya mau tanya ini , saya kan beli hp smartphone seharga 1,350.000.- dan saya diharuskan membayar asuransi nya sebesar 1,350.000.- juga , tetapi perusahaan toko tersebut menjamin uang asuransi itu akan dikembalikan lagi ke saya tanpa terpotong sepersen pun jika barang paketan saya sudah sampai di tangan saya , dan apabila saya belom membayar uang asuransi itu paket saya pun tdk akan dikirim sampai saya membayarnya, apa memang harus seperti itu ? Apa saya di mainkan oleh perusahaan tersebut ?
    Maaf gan maklum saya baru pertama kali beli hp di onlineshop

    BalasHapus
    Balasan

    1. Selamat malam +Apriliya Vita. Untuk permaslahan seperti ini saya harapkan untuk berhati-hati. Pertama mengenai asuransi, asuransi di jasa pengiriman untuk satu buah smartphone tidak sampai sebesar itu. Asuransi biasanya hanya puluhan ribu tergantung harga hpnya. Modus seperti ini sering digunakan para penipu didunia online.


      Berhati-hati juga jika harga yang ditawarkan jauh dibawah harga pasaran. Coba cari informasi harga untuk smartphone yang sama dan bandingkan dengan harga yang ditawarkan penjual itu.


      Banyak kasus seperti diatas, disuruh transfer biaya asuransi terlebih dahulu. Tapi setelah transfer, penjualnya menghilang. Kalau membeli secara online lebik baik mencari online shop yang bener-bener terpercaya. Mudah-mudahan jawaban saya cukup membantu....

      Hapus
  9. Maaf gan saya mau tanya ini , saya kan beli hp smartphone seharga 1,350.000.- dan saya diharuskan membayar asuransi nya sebesar 1,350.000.- juga , tetapi perusahaan toko tersebut menjamin uang asuransi itu akan dikembalikan lagi ke saya tanpa terpotong sepersen pun jika barang paketan saya sudah sampai di tangan saya , dan apabila saya belom membayar uang asuransi itu paket saya pun tdk akan dikirim sampai saya membayarnya, apa memang harus seperti itu ? Apa saya di mainkan oleh perusahaan tersebut ?
    Maaf gan maklum saya baru pertama kali beli hp di onlineshop

    BalasHapus
  10. Kalau yg dikirim ktp dan stnk mobil/motor gimana ngitungnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam reno adrian, untuk surat-surat berharga nilai pertanggungannya(nilai dokumen) dihitung berdasarkan berapa perkiraan biaya untuk penerbitan kembali jika dokumen itu hilang.
      STNK Mobil nilai pertanggungan Rp 2.500.000,- asuransinya Rp 10.000,-
      STNK Motor nilai pertanggungan Rp 1.500.000,- asuransinya Rp 8.000,-
      KTP nilai pertanggungannya Rp 150.000,- asuransinya Rp 5.300,-

      Hapus
  11. Kalau yg dikirim ktp dan stnk mobil/motor gimana ngitungnya?

    BalasHapus
  12. Maaf gan mau nanya.
    Sya bli 3 unit barang elektronik berupa 2 hp dan 1 laptop.
    Tapi saya d kenakan biaya asuransi 4jt lebih.
    Apakah benar semahal itu.
    Dan jika sya tidak membayarnya barang saya tidak akan sampai k tangan saya.
    Pengiriman barang sya dari batam k Sumbawa(NTB).
    MOHON INFO X

    BalasHapus
  13. Maaf gan mau nanya.
    Sya bli 3 unit barang elektronik berupa 2 hp dan 1 laptop.
    Tapi saya d kenakan biaya asuransi 4jt lebih.
    Apakah benar semahal itu.
    Dan jika sya tidak membayarnya barang saya tidak akan sampai k tangan saya.
    Pengiriman barang sya dari batam k Sumbawa(NTB).
    MOHON INFO X

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Pagi Mbak marina desianti, untuk biaya asuransi tidak mungkin sebesar itu. Seperti yang saya jelaskan pada artikel diatas, biaya asuransi di JNE hanya 0,2% dari harga barang plus Rp 5rb.

      Dan saya harap Mbak marina desianti, berhati-hati dan waspada dikhawatirkan ada maksud penipuan dari pihak pedagang onlinenya. Cari info tentang pedagang onlinenya. Jangan sampai tertipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab...

      Hapus
  14. Sip, tks bro, nice info, bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih atas kunjungannnya :)

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Maaf gan mau tanya kalo mau kirim hp misalnya dari jogja ke daerah sumatra itu harus pakai packing kayu atau tidak soalnya ditawarin gitu sama pihak jne? tpi kata teman sya ongkirnya bisa jadi 2x lipat bahkan lebih, apakah benar begitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam Mas Adit Aditia, memang benar untuk barang - barang elektronik dan pecah belah, biasanya dari pihak JNE menganjurkan untuk packing kayu dan juga asuransi utk barang bernilai tinggi. Nah untuk untuk ongkos kirim dihitung berdasarkan berat setelah dipacking kayu.

      Karena packing kayunya dilakukan digudang,maka dicounter biasanya diperkirakan berat setelah packing kayu. Sebenarnya ada rumus untuk menentukan berat setelah packing kayu. Tapi utk untuk memudahkan kebanyakan counter menggunakan cara gampang yaitu 2x lipat dari berat awal. Dari situlah ketemu berat perkiraan setelah packing kayu menjadi 2x lipat berat awal.

      Hapus
  17. aku mau tanya ku beli hp tdak terlalu mahal tapi barang baik habis 700 ribu. kena biaya angsurasi barang kerim jne sebsar 750 ribu apa tidak? mohon info.

    BalasHapus
  18. Saya beli hp ko belum sampe ke jakarta ya dari medan , apakah mengirim handphone seharga 5jt asuransinya sampai 850rb?

    BalasHapus
  19. saya barusan kena..hp seharga 500 rb.. bayar asuransi jne.250.000.. hahahahha

    BalasHapus
  20. Saya juga sama harus bayar asuransinya 2,7juta.
    Padahal harga hp cuma 2.4 juta...
    Saya sebagai penerima barang, harus bagaimana? Masa iya harus bayar asuransi sebesar itu.klo gak bayar gak di kirim.
    Solusinya gimana ya?tolong kasih tau dong

    BalasHapus
  21. hari ini saya kena sial,
    saya beli kamera dari seharga 3.5jt Riau, di kirim via JNE, tapi pihak bandaranya bilang kalo harus transfer sebesar 2.4juta. saya masih belum tau, ini yang salah yang mana??? apa penjualnya? apa JNE nya? atau memang dari awal saya sudah di tipu....

    No. Rek.Nya BRI 0484900475 a/n Fadillah Quratun Aini
    dan BNI 213601002802530 a/n dewi Oktaviani

    semoga ini bisa membantu...

    BalasHapus
  22. Saya baru saja beli hp seharga 1.200.000, saat mau pengiriman harus bayar asuransi 700.000 ,dan akan di kembalikan lagi. Jika tidak di bayar maka hp saya tidak akan di kirim. Apa saya harus memayarnya?

    BalasHapus
  23. Saya membeli kamera seharga hanya 350 rb
    Nah saya sudah transfer seluruh pembayaran beserta ongkirnya sebesar 400 rb
    Lalu pihak JNE memberitahu saya untuk diasuransikan dulu sebesar 1.820.000 saya tegaskan kalau nominal asuransi itu tidak sebesar itu eh malah jawab dikarenakan anda tidak langsung datang dan tanda tangan
    Pihak JNE terus menerus menjelaskan bahwa setelah saya mentransfer uang asuransi itu makan setelahnya akan segera dikembalikan lagi tanpa potongan sedikitpun

    Apakah itu benar ?
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  24. Saya beli laptop seharga 1,7 jt pengiriman via JNE terus saya diminta bayar asuransi 700,apakah benar

    BalasHapus
  25. Saya beli hanya cuma 350 tapi biaya asuransinya satu juta lima ratus bener nggak?

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)