Kamis, 17 Oktober 2013

Karakteristik Aktiva Tetap Berwujud (Akuntansi)

Aktiva (Asset) diharapkan akan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi perusahaan dimasa yang akan datang. Berikut ini beberapa karakteristik Aktiva Tetap Berwujud:

  • Berumur Panjang(relatif tetap atau permanen). Tidak ada batasan standar mengenai batasan minimum umur untuk bisa diklasifikasikan sebagai aktiva tetap. Namun diharapkan aktiva tersebut dapat dimanfaatkan berulangkali minimal dalam waktu satu tahun. Akan tetapi aktiva ini tidak harus digunakan secara terus menerus. Misalnya mesin cadangan yang digunakan sebagai pengganti jika ada kerusakan pada mesin utama atau digunakan jika ada peningkatan produksi juga termasuk aktiva tetap.
  • Digunakan dalam operasi normal perusahaan. Aktiva yang dibeli untuk dijual kembali tidak masuk dalam kategori aktiva tetap meskipun berumur lebih dari satu tahun. Misalnya sebuah perusahaan Showroom Mobil yang membeli mobil mobil untuk dijual kembali, tidak masuk dalam kategori aktiva tetap tapi masuk dalam kategori persediaan barang untuk dijual. Tanah yang dibeli tidak untuk tujuan operasional perusahaan tapi untuk tujuan investai, masuk dalam ketegori investasi. Sebaliknya mobil-mobil yang dibeli oleh Perusahaan Jasa Pengiriman untuk operasi normal perusahaan, masuk dalam kategori aktiva tetap.
  • Berwujud. Mempunyai bentuk fisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)