Sabtu, 21 Februari 2015

Memindah Aplikasi dari Memory Internal ke Eksternal

Memory internal pada smartphone, biasanya terbatas bila dibandingkan dengan aplikasi yang ingin kita gunakan. Kita ingin menjejali smartphone dengan aplikasi-aplikasi kesukaan kita. Namun apa daya, memory internalnya tidak mencukupi.

Maka untuk mengatasi hal ini, kita bisa menyediakan memory eksternal(microSD). Untuk microSD biasanya kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan kebanyakan smartphone sudah support microSD dalam ukuran yang cukup besar.

Setelah kita menambah memory dengan eksternal memory(microSD), kita bisa memindahkan penyimpanan sebagian aplikasi yang ada di memory internal ke memory eksternal. Sebagian aplikasi tidah bisa dipindahkan ke memory eksternal. Maka kita bisa memilih aplikasi yang bisa dipindahkan ke microSD.
Jika kita ingin memindahkan tanpa menggunakan bantuan aplikasi, dari menu smartphone kita bisa langsung pilih Pengaturan(Setting). Pilih Manajer Aplikasi. Pilih Aplikasi yang akan kita pindahkan. Atau kita lihat dulu mana aplikasi yang sudah ada di micro SD mana yang berada di memory internal. Pilih Pindahkan Ke Penyimpanan SD atau Move to SD card
Pada gambar di samping pada awalnya, pada kartu SD terlihat  angka 0,00 B. Maka kita pilih Pindahkan ke..(Pindahkan ke penyimpanan kartu SD) atau Move to SD card.

Sekarang kita lihat pada gambar di bawahnya, Aplikasi kartu SD sudah menjadi 27,44 MB.

Jika kita ingin memindahkan dengan bantuan aplikasi, maka kita bisa download aplikasi, misalnya APP2SD yang bisa download di Play Store. Dengan aplikasi tambahan ini akan lebih mudah melakukan pemindahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)