Jumat, 05 Juli 2013

Cara Reservasi Tiket Kereta Api Online

Dengan semakin majunya teknologi, memberikan kemudahan bagi kita dalam mengerjakan aktifitas sehari-hari. Termasuk bagi sahabat-sahabat yang sering melakukan perjalanan jauh,dengan adanya teknologi akan semakin mempermudah dalam merencanakan perjalanan. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan dalam melakukan perjalanan jauh adalah tiket.

Pada kesempatan kali ini akan saya share bagaimana melakukan reservasi tiket kereta api secara online sebatas pengetahuan saya.Jika ada yang kurang pas, mohon dikoreksi ya!. Jika dulu kita melakukan pembelian tiket kereta api, kita musti ke loket stasiun dan seringkali kita musti antri, sekarang dengan adanya teknologi, kita bisa melakukan reservasi secara online dari rumah kita sendiri atau agen penjualan tiket kereta api online yang sudah tersebar di banyak tempat. Untuk melakukan reservasi sendiri, tentunya kita membutuhkan desktop computer, notebook / laptop atau perangkat lain yang memungkinkan serta ada akses internet. Sedangkan untuk reservasi melalui agen penjualan, kita bisa mendatangi agen penjualan tiket online terdekat. Berikut ini beberapa alternatife pilihan bagi sahabat-sahabat yang ingin melakukan reservasi secara online :

  1. Melalui Website Resmi PT KAI.
    • Jika sahabat-sahabat ingin melakukan pemesanan tiket kereta api secara online, bisa dengan mengunjungi situs resminya yaitu http://kereta-api.co.id/.
    • Setelah masuk ke website kereta api, klik menu Reservasi Tiket. Untuk mengetahui info jadwal dan memulai reservasi, isilah form yang telah tersedia yaitu : tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan dan jumlah penumpang lalu klik Tampilkan.
    • Maka akan tampil nama-nama kereta api yang melayani rute yang kita cari berikut jam keberangkatan, jam kedatangan, layanan(eksekutif, bisnis atau ekonomi), harga tiket serta tombol booking.
    • Untuk melanjutkan pemesanan, klik tombol booking sesuai nama kereta dan harga yang kita inginkan. Maka akan tampil keterangan nama kereta,tanggal keberangkatan dan keterangan-keterangan lain. Pada halaman ini juga tampil ketentuan pembayaran dan Detil Syarat dan Ketetuan Reservasi(klik saja jika ingin membacanya terlebih dahulu). Setelah itu langsung cek list(tandai) pada Detil Syarat dan Ketetuan Reservasi trus klik Lanjutkan.
    • Akan tampil halaman berikutnya yaitu mengisi data penumpang berupa nama sesuai identitas dan no identitas(KTP,SIM, Paspor). Kemudian isi juga data pemesan yaitu : Nama, Email, No Telepon dan Alamat.Klik selanjutnya untuk mendapatkan kode booking / kode pembayaran.
    • Setelah mendapatkan kode booking / kode pembayaran kita tinggal melakukan pembayaran melalui atm,internet banking atau agen penjualan yang telah ditunjuk oleh kereta api(Alfamart, Indomaret, Fastpay, Kantor Pos dll).
    • Setelah melakukan pembayaran kita akan mendapat notifikasi melalui email, cetak notifikasi itu dan tukarkannotifikasi itu dengan tiket di stasiun online terdekat.
  2. Silahkan akses Tiket.Com. Sebagai agen online resmi dari PT KAI, tiket.com memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan reservasi secara online. Cukup mengakses www.tiket.com lalu klik menu kereta api kemudian memilih rute yang kita kehendaki lalu menyelasaikan proses reservasi, seperti mengisi data dan lain-lain serta melakukan pembayaran, maka kita akan menerima email yang berisi voucher kereta api yang dapat kita tukar dengan tiket asli di stasiun online terdekat. Website lain yang juga melayani reservasi tiket kereta api online adalah www.tiketkai.com atau juga ada www.paditrain.com.
  3. Sedangkan bagi anda pengguna smart phone android untuk mempermudah pembelian tiket kereta api, bisa download aplikasi pembelian tiket kereta api di Google Play begitu juga pengguna smart phone blackberry juga bisa download aplikasi pembelian tiket kereta api di Blackberry Application World
  4. Melalui mitra(agen)penjualan resmi. Mitra yang dimaksud antara lain : Alfamart, Indomaret, Kantor Pos, Citos, Fastpay dan mitra-mitra yang lain.
    • Datanglangsung ke loket-loket penjualan resmi terdekat.
    • Beritahukan kepada petugas, tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan nama dan kelas kereta yang dikehendaki.
    • Bila tempat duduk masih tersedia, untuk melakukan prosesreservasi, beritahukan data calon penumpang berupa nama sesuai identitas, no identitas dan no telepon/ handphone.
    • Pemesan membayar biaya reservasi sesuai distruk pembelian yang telah diterima.
    • Silahkan dicek kembali data-data yang ada distruk sebelum meninggalkan loket untuk memastikan semua data telah terinput dengan benar.
    • Tukarkan struk pembelian di stasiun online terdekat untuk mendapatkan tiket.

Itulah beberapa alternative pilihan bagi sahabat-sahabat yang hendak melakukan reservasi tiket kereta api secara online. Jika ada yang kurang pas mohon dikoreksi ya!.

Untuk Jadwal Lengkap dan Harga Tiket Kereta Api, silahkan klik Jadwal Lengkap dan Harga Tiket Kereta Api

Ingin membuka Loket Pembayaran(PPOB) dan Mitra Penjualan Tiket Kereta Api? klik disini

13 komentar:

  1. Apresiasi untuk PT KAI yang semakin memberikan pelayanan yang prima kepada para calon penumpang..

    BalasHapus
  2. Pesan tiket online ternyata gampang
    terima kasih banyak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama. Terima kasih atas kunjungannya...

      Hapus
  3. Beli online ga pake ribet ya , mudah banget :)

    BalasHapus
  4. Artikel yang sangat berguna yang dibahas dalam situs ini ... tentu akan sangat membantu bagi pembaca yang membutuhkan referensi, Salam Kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  5. Kalau beli online apa bisa lihat denah kursi?mana yg masih kosong / sdh terisi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Pagi Mba Wiwik Khan. Bisa dilihat. Secara sistem, biasanya telah ditentukan tempat duduknya. Tapi kita diberikan pilihan jika kita ingin pindah kursi.

      Hapus
  6. menukarkan bukti pembayarannya dimana ya ? stasiun online itu stasiun tempat kita akan berangkat ? atau gimana ? dan untuk menukarkan boleh sehari atau dua hari sebelum keberangkatan ?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penukarannya distasiun online yang terdekat, tidak harus di stasiun keberangkatan. Sehari atau dua hari sebelum keberangkatan masih bisa menukarkan.

      Hapus
  7. Kalau tempat beli tiket online dimana aja ya dana sekalian bisa beli pulsa online ??

    BalasHapus
  8. Selain itu bisa ga pesan di tempat lain, semisal yang kerja sama langsung dgn PT KAI dan apakah akan rebet nantinya?

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)