Rabu, 29 April 2015

Fungsi Caps Lock pada Komputer

Caps Lock pada komputer atau pada PC maupun pada Laptop adalah untuk mengubah semua huruf yang kita ketikkan pada keyboard menjadi huruf besar semua. Kepanjangan dari Caps Lock adalah Capitals Lock.


Jadi jika kita ingin mengetik dan ingin huruf besar semua, makan kita tekan Caps Lock sampai lampu indikator menyala. Maka huruf yang kita ketikkan hasilnya akan menjadi huruf besar semua. Untuk mengembalikan seperti semula, cukup tekan lagi tombol Caps Lock.
Tombol Shift sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan huruf besar. Tapi cara kerja tombol Shift, tombol Shift harus ditekan secara bersamaan dengan huruf yang akan kita buat huruf besar. Jika tombol Shift dilepas, maka huruf akan menjadi kecil lagi.

Seperti pengalaman kejadian di kantor dulu. Ada seorang teman mengetik menggunakan huruf besar semua. Maka teman saya itu menjawab : "Gimana donk, masa' harus tekan Shift terus". Maka dijelaskan oleh yang menyuruh, "Kan bisa pakai tombol Caps Lock, cukup sekali tekan, tidak perlu di tahan, tidak perlu ditekan terus, huruf sudah jadi huruf Capital semua."

Jadi, tergantung penggunaan. Jika yang perlu huruf besar hanya beberapa huruf, maka bisa dengan kombinasi Shift ditekan bersamaan dengan huruf yang akan kita buat Capital. Jika semua huruf ingin huruf besar, maka mengaktifkan Caps Lock adalah pilihannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)