Minggu, 08 Mei 2016

Memanfaatkan Tutup Botol Untuk Handcraft / Kerajinan Tangan

Tutup botol minuman akan menjadi sampah dan berserakan diwarung-warung. Tutup botol menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah botol minum yang dijual. Karena jika segel dan tutup botol rusak, maka minuman dianggap tidak layak jual. Setelah minumannya diminum, maka tutup botol hanya dibuang begitu saja. Tuu kasihan kan?

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana memanfaatkan tutup botol supaya bisa bermanfaat kembali. Jadi tidak hanya sebagai segel minuman terus menjadi sampah.Tapi setelah setelah selesai tugasnya sebagai segel minuman terus berserakan menjadi sampah, bisa kita manfaatkan kembali.

Kali ini kita menggunakan tutup botol dari minuman yang berbotol beling seperti teh botol, koka kola, panta dll. yang biasanya dibukanya pakai pembuka tutup botol. Yang bentuk dan modelnya seperti tampak pada gambar.

Mungkin saat ini, minuman yang beredar kebanyakan sudah memakai kemasan berbahan plastik dan tutupnya pun berbahan plastik. Namun begitu, tutup botol yang model seperti pada gambar diatas, saat ini masih banyak kita temukan di warung - warung. Insya Allah nanti saya buat juga artikel tentang pemanfaatan tutup botol plastik

Jadi ingat waktu kecil, kalau ada tutup botol seperti itu biasanya sih dibuat kecrekan. Mungkin yang terlintas dihati teman-teman juga itu jika ingat tentang tutup botol. Dan saya pun kalau sedang kumpulin tutup-tutup botol diwarung biasanya dibecandain sama Teteh atau Aa penjaga warungnya"mau buat apa sih mas, buat bikin kecrekan ya?".

Tutup botol itu bisa kita bentuk menjadi frame kecil melingkar sesuai ukuran tutup botol itu sendiri dan sesuai bentuk awal lingkaran sehingga pada bagian tengah bisa kita tambahkan foto atau hiasan yang lain lalu bisa kita padukan dengan bahan-bahan craft lain untuk mendapatkan hasil yang lebih berkesan. Selain itu juga bisa kita manfaatkan untuk menambah hiasan pada bros dan juga untuk gantungan kunci. Dan tentunya masih banyak kreasi lain yang bisa dibuat dengan tutup botol sesuai kreatifitas masing-masing.


Setelah kita bentuk sedemikian rupa, maka tutup botol itu menjadi bentuk yang cantik. Maka selanjutnya bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Bisa kita lihat salah satu hasil kreasi dari tutup botol atau bottle cap. Gantungan kunci dari tutup botol. Bagaimana dengan sahabat-sahabat, siap berkreasi dengan tutup botol?

Demikian cerita saya hari ini tentang tutup botol. Mudah - mudahan bermanfaat.

1 komentar:

  1. Makasih blognya ya, ini menarik banget, semoga terus rajin menulis blog ya....

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)