Minggu, 12 Juni 2016

Kenapa Resi Pengiriman JNE Tidak Terlacak

Bagi sahabat-sahabat yang sedang melakukan transaksi online dan bertindak sebagai pembeli, tentunya menanti-nanti barang yang dipesan kira-kira kapan ya sampainya? Disamping itu, dengan maraknya penipuan online, membuat kita terkadang merasa was-was dengan barang yang kita pesan. Maka resi pengiriman yang didapat dari pihak jasa pengiriman menjadi penting diketahui oleh para pembeli untuk memastikan barang benar-benar dikirim atau tidak oleh pihak penjual. Sudah mendapat resi pengiriman pun terkadang masih merasa was-was karena setelah dicek di website milik jasa pengiriman yang bersangkutan ternayata data tidak ditemukan atau nomer resi pengiriman tidak valid.

Tapi jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa penjualnya penipu atau menyimpulkan bahwa paket belum dikirim jika data tidak ditemukan. Oke, pada kesempatan kali ini saya akan sharing beberapa alasan kenapa resi pengiriman jika dicek dionline data tidak ditemukan atau data not found. Sesuai yang ada di judul artikel, yang akan saya sharing pada kesempatan kali ini jika sahabat-sahabat menggunakan jasa pengiriman JNE.

  • Jika sahabat-sahabat diberi resi pengiriman, tetapi dicek disistem online JNE baik di website jne.co.id atau melalui Aplikasi My JNE ternyata data not found, ada kemungkinan paket baru saja dikirim dan data belum di upload ke sistem online JNE. Terus berapa lama kita harus menunggu? Upload data dari agen atau counter JNE ke sistem online JNE biasanya dilakukan pada saat barang di pick up atau diambil oleh kurir dari counter menuju Gudang JNE di tiap-tiap area untuk disortir sesuai tujuannya masing-masing. Misalnya kita kirim di counter jam 09.00 dan barang di pick up jam 16.00 maka biasanya jam 16.00 data di upload sehingga data sudah bisa kita cek di sistem online. Tapi perlu diingat bahwa jadwal pick up antara counter satu dengan yang lainnya berbeda. Jadi kita ambil saja angka maksimal 1 x24 jam. Jika dalam 24 jam resi pengiriman belum bisa dilacak bisa jadi ada kemungkinan lain. Meskipun kebanyakan resi pengiriman perlu menunggu data untuk diupload, tapi ada juga sebagian counter JNE yang menggunakan resi pengiriman yang real time online. Jadi begitu kita kirim paket dapat resi pengiriman saat itu juga langsung online dan langsung bisa kita cek website JNE. Tentunya dengan adanya yang real time online ini maka akan lebih terpercaya. Di counter yang online ini pula para pelanggan JNE bisa memanfaatkan Fasilitas JOB.
  • Kemungkinan selanjutnya jika resi pengiriman tidak terlacak karena kesalahan menuliskan nomer resi pengiriman. Pastikan pihak penjual menuliskan nomer resi dengan benar. Jika resi pengirimannya merupakan kombinasi huruf dan angka pastikan semua tertulis dengan benar. Dan jika terdiri dari angka saja pastikan juga tertulis dengan benar. Atau untuk memastikan resi benar bisa dengan discan atau difoto resi aslinnya.
  • Ada juga kemungkinan, pada saat melakukan pengecekan, website JNE sedang maintenance atau website sedang down. Sehingga saat cek barang yang terdapat diwebsite data not found. Kalau yang ini sedang terjadi, kita sabar saja menunggu sampai websitenya normal kembali.
  • Selanjutnya. Jika sahabat-sahabat mendapat resi pengiriman dan berhari-hari tidak bisa dilacak.Kemungkinan ada perubahan nomer resi pengiriman. Misalnya penjual sudah mendapatkan resi pengiriman dan sudah pulang dari counter JNE. Dan ternyata melakukan kesalahan input data dan diganti dengan resi yang baru oleh petugasnya tanpa sepengetahuan pengirim. Tapi si petugas lupa atau tidak konfirmasi ke pengirim bahwa resi pengirimannya diganti.
  • Kemungkinan selanjutnya adalah resi pengiriman palsu. Kemungkinan yang terakhir ini yang perlu untuk kita waspadai. Jika dari awal belanja ada indikasi ketidak wajaran dan resi pengiriman pun tidak dapat dilacak. Maka kita perlu waspada. Ada suatu modus yang dilakukan penipu dengan mengambil foto resi pengiriman yang mungkin di upload di internet. Kemudian di edit sedemikian rupa sehingga hampir sama dengan resi yang asli dan resi itu di foto dan dikirimkan kepada kita. Seakan-akan dia sudah melakukan pengiriman, padahal itu adalah foto resi pengiriman palsu.
Itulah beberapa alasan kenapa resi pengiriman JNE belum terlacak atau tidak terlacak disistem online JNE. Mudah mudahan bermanfaat.

1 komentar:

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)