Tentunya ini setelah melalui proses pelacakan atau pengecekan kiriman dan dinyatakan oleh pihak jasa pengiriman bahwa barangnya hilang. Atau jika paket rusak, setelah adanya komplain dari penerima bahwa barang tiba dalam keadaan rusak disertai dengan bukti berupa foto paket yang rusak.
Berkas-berkas yang disertakan :
- Resi Pengiriman(Asli). Jika resi yang asli hilang biasanya diminta untuk mengisi surat pernyataan resi hilang.
- Foto Copy KTP
- Nota Pembelian. Jika nota pembelian hilang, biasanya diminta mengisi surat pernyataan nota hilang.
- Foto kerusakan paket. Jika kamu klaim kerusakan kiriman, lampirkan juga foto paketnya yang rusak sebagai bukti.
- Klaim akan diproses dalam 14 hari kerja setelah berkas diserahkan ke CS JNE Pusat. Pengirim biasanya akan dihubungi oleh CS untuk konfirmasi selanjutnya.
- Perlu diperhatikan bahwa untuk paket(kiriman) yang tidak diasuransikan nilai penggantian, maksimal 10x ongkos kirim. Jadi jika nilai paket dibawah 10x ongkos kirim, maka bisa mendapat penggantian penuh sesuai nilai barang. Tetapi untuk paket dengan nilai lebih dari 10x ongkos kirim hanya akan mendapat penggantian 10x ongkos kirim. Itulah mengapa pada saat pengiriman, untuk paket dengan nilai lebih dari 10x ongkos kirim, dianjurkan untuk diasuransikan. Sehigga jika terjadi kehilangan, bisa mendapat penggantian penuh sesuai nilai paket tersebut.
saya ada kejadian serupa.
BalasHapussaya mengirimkan barang dr surabaya k jakarta dengan kelengkapan alamat yang SANGAT JELAS, tetapi barang dikirimkan ke alamat lain dan diterima oleh orang yang tidak bersangkutan.
JNE menjanjikan akan melakukan investigasi dalam kurun waktu 4-6 hari, tapi yg dihasilkan dlm kurun waktu tersebut adalah NIHIL.
Ketika saya hubungi bahwa saya meminta prosedur klaim barang hilang, tapi oleh pihak JNE hanya menjawab seperti radio rusak akan mengkonfirmasi kembali, tapi saya tunggu hingga 2 hari lamanya sama sekali tidak ada usaha dari pihak JNE untuk melakukan konfirmasi ke saya.
DIMANA PERTANGGUNG JAWABAN JNE????!!!
LAYANAN PENGIRIMAN MACAM APA INI?????!!!!!!
GAK CS GAK LAYANAN CLAIM GAK BEKERJA SECARA PROFESIONAL.
DALAM KASUS INI SAYA SEBAGAI PIHAK PENGIRIM BENAR2 MERASA DIRUGIKAN KARENA SAYA TIDAK MELAKUKAN KESALAHAN APAPUN BAIK DARI PENULISAN ALAMAT DAN NO.TELP TETAPI MENGAPA PAKET BISA SALAH DIKIRIMKAN????!!!!!!!
Kak, coba ke agen tempat kakak kirim barang. Terus minta surat klaim. Lalu isi semua, dan serahkan langsung ke jne pusat. Insyaallah dalam waktu 14hr klaim akan disetujui dan dana akan dikembalikan
HapusKak, coba ke agen tempat kakak kirim barang. Terus minta surat klaim. Lalu isi semua, dan serahkan langsung ke jne pusat. Insyaallah dalam waktu 14hr klaim akan disetujui dan dana akan dikembalikan
Hapus