Sabtu, 01 Desember 2012

Memanfaatkan Quick Access Toolbar untuk Mempercepat Pekerjaan di Microsoft Excel 2007

Kalau bisa sekali klik kenapa musti klak klik? Dengan memanfaatkan Quick Access Toolbar yang ada di Microsoft Excel kita akan bisa lebih cepat melakukan suatu perintah tanpa melalui Tab Menu maupun Sub Menu (Ribbon). Kita bisa mengatur tombol perintah yang mau tempatkan di Quick Access Toolbar sesuai keinginan kita atau disesuaikan dengan kebutuhan kita, misalnya saja perintah-perintah yang sering kita gunakan itu yang kita munculkan di Quick Access Toolbar sehinngga begitu kita membutuhkan perintah itu kita bisa langsung klik.

Pada gambar disamping Quick Access Toolbar terletak di bawah Ribbon. Kita bisa memindahkannya ke pojok kiri atas Tab Menu. Caranya :
  • Klik Tombol Customize Quick Access Toolbar(tanda panah kebawah yang berada paling kanan dari Quick Access Toolbar
  • Dari list yang muncul klik Show Above the Ribbon. Begitu juga sebaliknya kalau posisi awalnya di atas Ribbon kita klik Show Below the Ribbon.


Mengatur perintah-perintah yang akan kita munculkan di Quick Access Toolbar
Cara Pertama :
  • Klik Tombol Customize Quick Access Toolbar(tanda panah kebawah yang berada paling kanan dari Quick Access Toolbar
  • Dari list yang muncul klik More Commands
  • Akan muncul gambar di bawah ini(jika kurang jelas klik gambarnya

  • Cari perintah yang akan dimunculkan,lalu klik dan lanjutkan klik tombol Add,maka tombol perintahnya akan masuk di sebelah kanan. Jika perintah yang dicari tidak ada,maka pada kolom Choose commands from pilih All Commands maka semua perintah akan muncul dan kita tinggal mencari lagi perintah-perintah yang akan kita munculkan. Setelah selesai memunculkan perintah-perintah yang kita inginkan klik OK

Cara kedua :

Dengan mencari langsung di Sub Menu(Ribbon). Dari Ribbon, cari perintah yang akan di munculkan terus klik kanan. Dari list yang muncul klik Add to Quick Access Toolbar. Maka tombol perintah yang kita klik kanan tadi akan muncul dalam Quick Access Toolbar

Cara ketiga :
  • Klik Office Button(di Pojok kiri atas)
  • Trus Klik Excel Option
  • Setelah keluar jendela baru,klik Customize.
  • Tahap selanjutnya sama seperti tahapan terakhir dari cara pertama


Berikut ini contoh penggunaan Quick Acces Toolbar dalam bentuk video. Dalam video ini saya menggunakan Microsoft Excel 2010 :
Itulah beberapa alternative cara untuk memunculkan perintah pada Quick Access Toolbar. Dalam mempercepat pekerjaan, selain memanfaatkan Quick Acces Toolbar, kita juga bisa memanfaatkan Shortcut pada Microsoft Excel. Pembahasan tentang hal ini silahkan dibaca pada postingan tentang Memanfaatkan Shortcut pada Microsoft Excel untuk Mempercepat Pekerjaan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)