Rabu, 27 Agustus 2014

Manfaat Macro pada Microsoft Excel

Macro pada Microsoft Excel terdapat pada menu Developer. Bila kita lihat pada menu Developer, disitu terdapat Sub Menu Code yang didalamnya terdapat icon-icon(perintah) : Visual Basic, Macros, Record Macro, Use Relative References dan Macro Security.

belajar komputer Pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama membahas tentang Manfaat Macro pada Excel. Jika kita lihat dalam fasilitas Help pada Microsoft Excel, Macro didefinisikan : A macro is aseries of command and functions stored in a Microsoft Visual basic module and can bu run whenever you need to perform the task.

"Macro adalah sederetan perintah dan fungsi yang tersimpan dalam modul Visual basic dan dapat dijalankan kapanpun dibutuhkan untuk melaksanakan suatu pekerjaan."

Serangkaian perintah pada Microsoft Excel dapat kita rekam dengan menggunakan fasilitas "Record Macro", dengan merekam serangkaian perintah itu,maka Excel akan menyimpannya dalam bentuk kode-kode pada modul Visul Basic. Dari kode-kode yang tersimpan tersebut, apabila kita jalankan dengan sekali klik atau dengan menekan tombol Shortcut, maka serangkain perintah itu akan langsung tereksekusi.

Macro sangat cocok dimanfaatkan untuk melakukan serangkaian perintah sama yang berulang-ulang. Sebagai contoh, jika kita ingin mengcopy cell A1 ke A7. Maka langkah-langkah biasa kita lakukan adalah sebagai berikut :

  1. klik kanan di cell A1
  2. Muncul menu pilihan, pilih Copy
  3. Menuju cell A7, klik kanan
  4. Muncul menu pilihan, klik Paste

Itu rangkain perintah sederhana. Rangkaian perintah itu dapat kita rekam dan suatu saat dapat kita jalankan dengan sekali klik jika kita ingin melakukan hal yang sama. Begitu juga dengan rangkaian perintah yang lebih kompleks dari rangkaian diatas dapat juga kita rekam untuk selanjutnya kita jalankan pada saat kita butuhkan. Dengan demikian, maka akan mempercepat pekerjaan.

Itulah pembahasan tentang manfaat macro pada Microsoft Excel. Mudah-mudahan bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)