Senin, 14 Maret 2016

Bagaimana Cara Naik Busway Tanpa Kartu (E Tiket)

Moda transportasi Trans Jakarta atau biasa kita sebut busway saat ini menerapkan E Tiket untuk semua koridor. Artinya tidak menjual tiket secara langsung atau eceran. Untuk naik busway harus menggunakan kartu prabayar (E Tiket). Bagi sahabat-sahabat yang setiap hari naik busway tentu sangat faham tentang hal ini dan tentu sudah mempunyai kartu E Money. Artinya tidak ada masalah yang berarti. Tapi bagi yang belum pernah naik busway atau hanya sekali dua kali naik busway mungkin agak bingung bagaimana ya naik busway itu kalau tidak mempunyai kartu. Berikut ini saya sajikan beberapa tips bagi sahabat-sahabat yang belum mempunyai kartu e money untuk naik busway.
  1. Kalau belum mempunyai kartu e money dan ingin naik busway. Tentu cara pertama adalah membeli kartu e money. Kamu bisa membeli kartu E Tiket di halte-halte busway dengan harga Rp 40.000,- . Dengan harga segitu kamu mendapatkan saldo Rp 20.000,-. Kamu bisa memilih kartu e money dengan pilihan dari beberapa bank yang ada. Setelah kamu mendapatkan kartu dan telah diaktifkan oleh petugas, kamu bisa langsung menggunakan untuk naik busway. Kamu tinggal menempelkan pada pintu masuk halte, palang pintu terbuka dan kamu bisa masuk untuk naik busway. Nah selama saldo masih ada, kamu bisa memanfaatkan kartu itu untuk naik busway lagi. Kalau saldo habis kamu bisa isi ulang di halte-halte busway atau melalui atm sesuai bank yang mengeluarkan kartu e money tersebut.
  2. Selanjutnya, kalau kamu tidak punya kartu, kamu bisa nebeng sama teman yang mempunyai kartu E Tiket. Jadi pada saat pergi bareng sama temen-temennya kamu bisa menggunakan satu kartu untuk beramai-ramai. Betul, untuk dibusway kartu bisa digunakan beramai-ramai pada saat yang bersamaan. Beda sama naik commuter line. Kalau naik commuter line, pada saat bersamaan, satu kartu hanya bisa digunakan untuk satu orang.
  3. Nah selanjutnya kalau perginya sendirian dan tidak punya kartu, kamu bisa pinjam sama temen yang mempunyai kartu. Atau kalau tidak ada yang bisa untuk dipinjam, kamu ke halte saja terus kamu numpang tempel aja sama orang yang bersamaan juga mau masuk. Kasih uang seharga tiket dan bilang kalau kamu mau numpang tempel. Dengan begitu kamu bisa masuk dan naik busway.
Itulah beberapa tips bagi sahabat -sahabat yang belum mempunyai kartu untuk naik busway ataupun yang mau naik busway tanpa mempunyai kartu E Ticket sendiri. Mudah-mudahan bermanfaat.

30 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Dlm case numpang tempel artinya dsi pemegang kartu bisa pilih tiket utk 2 oeg orh org gitu mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpang tempel bisa kok mas, malah waktu itu saya disuruh numpang tempel sama temen saya hahaha... soalnya sistemnya lain sama Commuter Line, kalo TJ kan tarif flat, ngetapnya cuma pas masuk aja... jadi gamasalah numpang tempel, wong dia tetep bayar tarif hhehe

      Hapus
  3. Sebenernya inovasi yang bagus, sayangnya masih banyak orng yang kurang familier dengan e-money jadi dianggepnya jatoohnya mahal buat yang cuma sekali duakali naik alias non frequent

    Padahal e-money bisa buat macem-macem, n ngisinya juga gampang... kalo pengen tahu bisa buat apa aja bisa baca-baca di blog saya: http://technoconomics.blogspot.com/2016/12/uang-tunai-so-yesterday-sekarang.html hehehe :)

    BalasHapus
  4. Saya mo tanya, itu memang benar satu kartu e-money bisa dipakai untuk beberapa orang sekaligus? Terus dalam pengurang saldonya gimana? Apa dihitung perkepala pada saat naik transjakarta atau hitungnya seberapa banyak orang yang menggunakan satu tiket emoney tersebut?
    Terims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kartunya dipake rame2, artinya pas udah lewat situ ngasih kartu ke orang nebeng pake kartu ente

      Hapus
  5. Berarti 1 kartu bisa buat berdua ya? Trs gaada ngetap lagi pas keluar nya?

    BalasHapus
  6. kalo naik KRL Ke Bogor apa bisa beli tiket manual bang ke counter ? saya mau liburan sehari doang masak harus beli kartu semahal itu

    BalasHapus
  7. Bingung heh. Ga ngerti.... maksud nya 1 kartu bisa beramai2 itu gmna ya??

    BalasHapus
  8. Kmren anakku minta2 naik busway padahal cuma dari uki ke Pgc...nanya ke mbak loket malah diketawain 😧 akhirnya ga jadi..kalo aja dia baik mau jelasin pasti anak saya udah girang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masa sih mbak diketawain? Sebenarnya mbak tinggal beli kartunya aja dan naik mbak. Klo menurutku sih begitu. Mending tanya orang di halte

      Hapus
  9. di singapore aja yang transportasinya udah non-tunai mereka masih jualan tiket single trip... yang bisa buat tap-in ama tap-out

    jd ga ada diskriminasi ama yg ga punya kartu...apalagi wisatawan.

    BalasHapus
  10. Ribet jika orang awam mau naik, susah kalo mau dibuat single trip jg, harusnya naruh penjualan tiket di setiap halte..

    BalasHapus
  11. Dng hanya memblhkan e-tiket dlm penggunaan TJ, sama saja dng memaksa konsumen TJ utk memakai e-money. Ini cara promosi e-money yg salah. Semestinya single trip ticket tetap dijual, namun tarif yg dikenakan sedikit lebih mahal drpd tarif perjlnan dng menggunakan e-tiket.

    BalasHapus
  12. Yup setuju, yg jaga loket jg nyebelin bukannya jelasin baik2 malah bikin emosi ..maklum saya orang daerah yg sedang liburan ke JKT...jadi kurang update ttg busway jkt

    BalasHapus
  13. Hahaha aku baru mau nyoba naik Busway.. Tp binggung beli tiketnya 😂😂😂

    BalasHapus
  14. Mau nanya nih ... Kalo nebeng e- tiket sama orang yg tidak kenal terus dianya udah turun busway duluan dan saya mau keluar dari halte gimana tap out nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau keluar tidak lagi tap out, keluar begitu saja

      Hapus
  15. https://www.yukjadipengusaha.com/tedikurniawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya mas
      Jadi bisa nebeng ke orang lain walaupun kita tidak mempunyai kartu e-tiket ya mas

      Hapus
  16. Nasib yang single trip gimana nih
    Disini belom ada kenalan 😭😭

    BalasHapus
  17. Anak kecil juga tau,klo solusinya gitu...bukan solusi dunk...frettt

    BalasHapus
  18. Nice info...pas belum punya kartu n lagi perlu transjakarta....

    BalasHapus
  19. Kl pakai etoll card mesti bisa jg kah

    BalasHapus
  20. Klo mau beli e ticket,data yg dperlukan apa ja sih?

    BalasHapus
  21. Seru naik TJ,tp ada malu nya juga pas pertama kali naik.
    Untung masih ada orang baik buat bantu tempel,klo gk ada yg nolong mungkin bisa sehari semalam saya didalam halte.hahahahah. . . . Seru.

    BalasHapus
  22. Terima kasih atas informasinya 🙏

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏🙏🙏...mau tanya nih,, kalau membeli kartu TJ,, persyaratan nya apa saja..?? Contoh KTP atau SIM..???

    BalasHapus
  24. Saya dari bekasi mau ke halte bnn cawang, klau dari bekasi masih bisa ga pakai kartu tapi kalau dari bnn ke bekasi apa bisa ga pakai kartu

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)