Kamis, 27 Maret 2014

Contoh Penggunaan SUMIF pada Microsoft Excel

Fungsi SUM pada Microsoft Excel berfungsi untuk melakukan penjumlahan seluruh angka maupun range cell yang telah kita masukkan dalam formula. Disaat tertentu kita ingin melakukan penjumlahan tapi hanya sebagian atau tertentu saja. Sebagai contoh sederhana kita memiliki data berupa rekapitulasi penjualan buah dalam waktu sebulan. Data dicatat berdasarkan urutan tanggal transaksi dan masih bercampur untuk semua jenis buah. Sedangkan kita ingin mengetahui penjualan masing-masing jenis buah. Maka kita bisa memanfaatkan fungsi SUMIF yaitu melakukanpenjumlahan dengan kriteria tertentu.

Gambar disamping kita buat sederhana agar mudah difahami. Untuk penrapannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing.
Untuk menghitung total penjualan, yaitu pada cell D13 kita bisa menggunakan fungsi SUM untuk menghitungnya. Sehingga rumusnya adalah
=SUM($D$3:$D$12)
Selanjutnya kita ke inti pembahasan kita kali ini yaitu penggunaan SUMIF pada Microsoft Excel. Disini akan kita manfaatkan untuk menghitung masing-masing jenis buah. Sebelum kita menghitungnya, berikut ini adalah syntax(rumus) dari fungsi SUMIF :
=SUMIF(range,criteria,sum_range)
Keterangan :
range : range cell yang berisi kriteria. Dari gambar di atas rangenya adalah pada kolom Nama Barang yaitu $C$3:$C$12
criteria : kriteria(apa) yang akan kita jumlahkan.Dari gambar di atas misalnya kita ingin menjumlahkan penjualan mangga kita isi kriteria yaitu "mangga"
sum_range : rang cell yang berisi angka yang akan kita jumlahkan sesuai kriteria.Dari contohgambar di atas makan sum_rangenya adalah $D$3:$D$12
Dari syntax di atas berikut rumus untuk gambar disamping : Menghitung penjualan mangga(cell D16)
=SUMIF($C$3:$C$12,"mangga",$D$3:$D$12)
Menghitung penjualan jeruk(cell D17)
=SUMIF($C$3:$C$12,"jeruk",$D$3:$D$12)
Menghitung penjualan Apel(cell D18)
=SUMIF($C$3:$C$12,"apel",$D$3:$D$12)
Menghitung penjualan Nanas(cell D19)
=SUMIF($C$3:$C$12,"nanas",$D$3:$D$12)
Maka bisa kita lihat hasilnya :

Program Affiliate Indowebmaker Demikian pembahasan kita kali ini tentang Contoh Penggunaan SUMIF pada Microsoft Excel. Mudah-mudahan bermanfaat.

5 komentar:

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)